Tipe-tipe Millennials Pecinta Drama Korea

9:53:00 PM

Kalau ditanya tentang apa sih tontonan favorite millennials saat ini? Mungkin salah satu jawabannya, yaitu Drama Korea. 
Drama Korea mungkin bisa dibilang sebagai "sinetronnya" orang-orang di Korea sana, tapi dengan kualitas produksi, baik dari cerita, efek, dan akting yang jauh berbeda dari sinteron-sinetron di Indonesia. Pecinta drama Korea sendiri kebanyakan memang perempuan. Alasan kenapa suka banget nonton drama Korea biasanya selain karena ceritanya yang beda dan seru-seru banget, juga karena adanya daya tarik drama Korea yang menyuguhkan pemandangan indah dengan oppa-oppa tampannya. 
Nah, dari semua para pecinta drama Korea, ada beberapa tipe yang mungkin sering banget ditemukan dikalangan teman-teman kampus atau sekolahmu. Tipe-tipe ini juga yang biasa saya ditemukan di Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Indonesia. Apa aja tipenya? Yuk, langsung aja disimak!

1. Tipe "Terjadwal"

Kalo kamu sering liat teman kamu yang suka bikin reminder di Handphone dan isinya tulisan seperti "Episode 9!" atau kalo kamu punya teman yang suka tiba-tiba kesenengan sendiri pas ingat hari ini hari apa. Bisa jadi itu salah satu teman kamu termasuk dalam tipe pecinta drama korea yang satu ini. 

Tipe ini walaupun gak benar-benar nulis jadwal di kertas atau reminder Handphone, seringkali sebenarnya mereka udah bikin reminder sendiri di otak masing-masing, yang isinya mungkin kayak gini :
"Jam 11 malem, RAW version keluar, terus besok jam 7 versi udah ada Subtitle keluar. Berarti malem ini belajar sampe jam set 11 aja, terus standby deh buat nunggu RAW version, besok pas jeda kelas streaming versi subtitle deh :))"




2. Tipe "Streaming vs DVD Bajakan"

Tipe kedua ini sebenarnya saling bertolak belakang, kalo yang satu anaknya millennials banget, digital savvy parah, yang satu lagi antara gak digital-digital savvy amat a.k.a gaptek, atau emang gak punya koneksi internet aja, jadi memilih untuk beli DVD drama Korea di langganannya biar dikasih harga murah.
Kedua tipe ini biasanya rada gak tau malu, soalnya sering nongkrong di kafe berjam-jam dengan cuma beli satu minum, buat download 16 episode drama korea. Kalo yang satu lagi, suka gak tau malu buat nego sama abang-abang tukang DVD biar di diskon, 15 ribu dapet 3 DVD.
Internet buat tipe anak pecinta streaming ini adalah segalanya. Nah, kalo buat pecinta DVD bajakan sih, ya pasti abang penjual yang jadi segalanya buat dirinya.




3. Tipe "Konsultan"

Kamu punya teman yang sering dijadikan tempat berkeluh kesah tentang memilih drama yang paling bagus dan dengan aktor yang paling ganteng, atau kamu yang sering dijadikan tempat keluh kesah tersebut ? Berarti temanmu atau kamu bisa dikategorikan sebagai tipe pencinta drama korea yang satu ini.
Kalo jadi konsultan drama Korea bisa dapet uang, mungkin kamu atau teman kamu itu udah jadi orang paling kaya di dunia, atau di kampus lah paling enggak. Tipe ini pengetahuan tentang per-drama-korea-an dan per-aktor-ganteng-cantik-an udah di atas rata-rata. Jadi, kalo mau tanya drama yang kayak gimana juga, pokoknya dia tau deh. Bahkan bisa kasih rate sendiri buat setiap drama yang di tontonnya. Mungkin bahkan bisa kasih pilihan drama yang sesuai sama kepribadian atau primbon orang yang mau nonton. Mantap kan?




4. Tipe "Terinfluence"

Teman kamu ada yang suka pake kata-kata Korea kalo lagi ngobrol sama kamu? Bisa jadi temanmu itu termasuk dalam tipe millennials pecinta drama korea yang terakhir, yaitu tipe "terinfluence". Terinfluence disini punya maksud, yaitu tipe penonton drama Korea yang terpengaruh banget sama drama-drama yang ditontonnya, bisa terpengaruh dari segi bahasa, fashion, dll.
Tipe ini bisa dilihat salah satunya, dari kesukaan menggunakan kalimat atau kata-kata berbahasa Korea setiap harinya. Selain pengunaan kalimat dan kata-kata berbahasa Korea, tipe ini juga ada yang suka latah kepengen makan apa aja dengan cara kayak orang Korea gitu, yaitu pake sumpit.
Karena kesukaannya gunain segala hal berbau Korea di kesehariannya, tipe yang satu ini sering terlihat sebagai anak yang "korea banget" dikalangan teman-temannya. Bahkan terkadang, teman-temannya juga sampai ikut terinfluence buat suka sama hal-hal berbau Korea tersebut loh.





Tipe-tipe diatas mungkin hanya sebagian kecil dari tipe-tipe millennials pecinta drama Korea lain yang ada diluar sana. Nah, buat ilustrasinya bisa dilihat di video ini ya. Kalian bisa komen di video atau blog ini, kalau kira-kira tau tipe-tipe lainnya.  Jangan lupa share dan likenya juga ya!




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts